Tuesday, January 15, 2013

PENELITIAN LAPANGAN


PENGARUH PEMAHAMAN MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAK TAJUL ULUMBRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN




LAPORAN
Disusun guna memenuhi
tugas akhir semester
mata kuliah: STATISTIK
Dosen: Prof. Dr. Ibnu Hadjar
logo walisongo.jpg




















Nama    : Ahmad Basuki
NIM      : 113211002




FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGGO
SEMARANG
2012
A.      Variabel
NO
NAMA
STATUS
NILAI
Bahasa Arab (Y)
Qur’an Hadits (X)
1
Abdul Kholiq
S
70
75
2
Abrizatul Amalia
M
60
67
3
Ahmad basuki
SK
80
85
4
Ahmad Habibul Mushowir
S
75
80
5
Ahmad Subhan
SK
63
70
6
Ahmad Syarifun Ni’am
S
57
67
7
Aini Istiqomah
SK
63
75
8
Ali Imron
S
83
87
9
Alif Abdul Mujib
S
65
70
10
Cecep Abdul Qodir Jailani
S
55
67
11
Choirul Umam
S
57
67
12
Dafiyatul
S
60
73
13
Fathul Rozaq
M
67
75
14
Firda Maqfiroh
M
70
67
15
Idatun Hasanah
M
75
80
16
Imam Mhammad Syahid
S
70
70
17
Indana Maslahatur Rifqoh
SK
75
77
18
Istianatul Fatkhiyah
S
75
70
19
Lutfi Khoirun Nisa’
SK
77
85
20
M. rizal Habib
M
75
80
21
Maliano Perdana
M
63
75
22
Mas’ula
M
70
75
23
Miftahul Awaf
S
55
65
24
Muhammad Aunur Rofiq
SK
70
70
25
Muhammad Fikri Nadzif
SK
75
83
26
Muhammad Muhsin
M
65
70
27
Muhammad Sidiq
M
55
67
28
Munawaroh
SK
73
80
29
Ni’mah Khoiriyah
S
60
73
30
Nurul Azizah
S
57
80
31
Puji Santoso
SK
65
73
32
Sahal Maftuh
SK
67
70
33
Sanna Tasniyah
M
65
70
34
Siti Karomah
M
65
73
35
Siti Muawanah
S
70
80
36
Yuni Setyaningsih
M
70
67

Data: S= Santri: 14 anak              SK= Santri Kalong: 10 anak            X= Qur’an Hadits
         M= Mukim: 12 anak           Y= Bahasa Arab

Pertanyaan:  1. Adakah hubungan antara pemahaman mata pelajaran Qur’an Hadits pada penguasaan Bahasa Arab?
2.    Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran Qur’an Hadits pada penguasaan Bahasa Arab?
3.    Adakah perbedaan latar belakang santri berpengaruh pada penguasaan Bahasa Arab?
B.       Hipotesisis
H0: Tidak ada pengaruh pemahaman mata pelajaran Qur’an Hadits terhadap kemampuan Bahasa arab siswa kelas XI MAK Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan
H1: Ada hubungan antara pemahaman mata pelajaran Qur’an Hadits terhadap kemampuan Bahasa arab siswa kelas XI MAK Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan

C.      Data dan persiapan
No Resp
NILAI
y
x
y2
x2
Xy
Bhs. Arab
(Y)
Qur’an Hadits
 (X)
1
70
75
2,861
1,166
8,185
1,361
3,337
2
60
67
-7,138
-6,833
50,963
46,694
48,782
3
80
85
12,861
11,166
165,403
124,694
143,616
4
75
80
7,861
6,116
61,797
38,027
48,476
5
63
70
-4,138
-3,833
17,130
14,694
15,865
6
57
67
-10,138
-6,833
102,797
46,694
69,282
7
63
75
-4,138
1,116
17,130
1,361
-4,828
8
83
87
15,861
13,116
251,575
173,361
208,838
9
65
70
-2,138
-3,833
4,574
14,694
8,199
10
55
67
-12,138
-6,833
147,353
46,694
82,949
11
57
67
-10,138
-6,833
102,797
46,694
69,282
12
60
73
-7,138
-0,833
50,963
0,694
5,949
13
67
75
-0,138
1,116
0,019
1,361
-0,162
14
70
67
2,861
-6,833
8,185
48,694
-19,550
15
75
80
7,861
6,116
61,797
38,027
48,476
16
70
70
2,861
-3,833
8,185
14,694
-10,967
17
75
77
7,861
3,116
61,797
10,027
24,893
18
75
70
7,861
-3,833
61,797
14,694
-30,134
19
77
85
9,861
11,116
97,241
124,694
110,116
20
75
80
7,861
6,166
61,797
38,027
48,476
21
63
75
-4,138
1,166
17,130
1,361
-4,828
22
70
75
2,861
1,166
8,185
1,361
3,337
23
55
65
-12,138
-8,833
147,353
78,027
107,227
24
70
70
2,861
-3,833
8,185
14,694
-10,967
25
75
83
7,861
9,166
61,797
84,027
72,060
26
65
70
-2,138
-3,833
4,574
14,694
8,199
27
55
67
-12,138
-6,883
147,353
48,694
82,949
28
73
80
5,861
6,166
34,352
38,027
36,143
29
60
73
-7,138
-0,833
50,963
0,694
5,949
30
57
80
-10,138
6,166
102,797
38,027
-62,523
31
65
73
-2,138
-0,833
4,574
0,694
1,782
32
67
70
-0,138
-3,833
0,019
14,694
0,532
33
65
70
-2,138
-3,833
4,574
14,694
8,199
34
65
73
-2,138
-0,833
4,574
0,694
1,782
35
70
80
2,861
6,166
8,185
38,027
17,643
36
70
67
2,861
-6,833
8,185
46,694
17,643
N
∑Y=2417
∑X=2658


∑y2=1945,3
∑x2=1277,0
∑xy=1118,8

Penelitian dilakukan terhadap populasi siswa kelas XI MAK Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan yang terdiri dari 36 orang, dengan menggunakan data nilai akhir semester gasal mata pelajaran Qur’an Hadits dan Bahasa Arab siswa obyek penelitian tersebut.

Langkah-langkah persiapan:
1.    Masukkan data variabel Y dalam kolom Y
2.    Masukkan data variabel X dalam kolom X
3.    Hitunglah banyak subjek  N= 36
a.    Hitunglah nilai rerata variabel Y:  
b.    Hitunglah nilai rerata variabel X: 
4a.  Hitunglah selisih antara masing-masing sekor Y dengan reratanya   
4b.  Hitunglah selisih antara masing-masing sekor X dengan reratanya   
5a. Hitunglah Jumlah Kuadrat Total dengan cara  kuadratkan masing-masing nilai y dan hasilnya masukkan kedalam kolom y2, selanjutnya jumlahkan
∑y2= 1954,306
5b. Hitunglah Jumlah Kuadrat Total dengan cara  kuadratkan masing-masing nilai y dan hasilnya masukkan kedalam kolom x2, selanjutnya jumlahkan
∑x2= 1277,000

D.      Analisis deskriptif
VARIABEL
N
Tertinggi
Tetendah
Rerata
Varian
Simpangan Baku
Galat Baku








Bahasa Arab (Y)
36
83,000
55,000
67,139
55,837
7,472
1,245
Qur’an Hasdits (X)
36
87,000
65,000
73,833
36,486
6,040
1,007

1.      Hitunglah derajat kebebasan total  
2a.  Hitunglah nilai varian variabel Y=
2b. Hitunglah nilai varian variabel X=
3a. Nilai simpang baku variabel Y=
3b. Nilai simpang baku variabel X=
4.  Kalikan x dengan y dan hasilnya masukkan ke dalam kolom xy, serta jumlahkan ∑xy= 1118,833
5.  Nilai kovarian variabel X dan Y=
6.  Masukkan penghitungan 10, 8a dan 8b ke dalam rumus korelasi PM

Persamaan Regresi

 Keterangan:
a = intersep           = 2,450
b = slop                = 0,876
X = skor variabel/predikarot
Penghitungan nilai F:
1a. Jumlah Kuadrat Regresi:
1b. Derajat Kebebasan Regresi:
1c. Rerata Kuadrat Regresi:
 
2a. Jumlah Kuadrat Residu:
2b. Derajat Kebebasan residu:
2c. Rerata Kuardat Residu:
3a. Nilai F:

Analisis deskriptif varian
Qur’an Hadits
N
Min
mak
rerata
varian
Simpang baku
Galat baku
Total
36
55
83
67,139
55,837
7,742
1,245
Santri
14
55
83
64,929
80,071
8,948
2,392
Santri kalong
10
63
80
70,8
37,067
6,088
1925
mukum
12
55
75
66,667
34,061
5,836
1685

E.       Analisis uji hipotesis
Koefision korelasi
Ket:  = kovarian fariabel Xdan Y
          = simpang baku variabel X
          = simpang baku variabel Y
Kriteria signifikansi/nilai kritis pada taraf 5% dengan d.k. 34 adalah 0,329
Kesimpulan Signifikan
VARIABEL
Qur’an Hadits
Bahasa Arab
r: 0,708

Kesimpulan: Signifikan

Hipotesis: H0:β=0; H1:β≠0
Sumber Varian
Jumlah Kuadrat (JK)
Derajat Kebebasan (dk)
Rerata Kuadrat (RK)
F
F-kritis pada taraf signifikasi 5,0%
Kesimpilan
Regresi
980,257
1
980,257
34,217
4,130
Signifikan
Residu
974,049
34
28,648
Total
1954,306
35



Hasil Analisis Varian
Sumber Varian
(JK)
(dk)
(RK)
F
F-kritis pada taraf signifikasi 5,0%
Kesimpilan
Antar kel
205,1
2
102,6
1,935
3,285
Tidak Signifikan
Dalam kel
1749,2
33
53,0
Total
1954,3
35

Qur’an Hadits pada varian Bahasa Arab adalah R2= 0,105= 10,5%
Uji Lanjut tidak perlu dilakukan

F.       Kesimpulan
Karena r= 0,7080,329=r(0,05:34) »Signifikan. Hubungan X pada Y bukan kebetulan, kemungkinan kesalahan 5%.
Karena F= 34,217≥4,130=F0,05(1;34) »Signifikan. Pengaruh X pada Y bukan kebetulan, kemungkinan kesalahan 5%.
Hubungan pemahaman mata pelajaran Qur’an hadits(X) dan kemampuan Bahasa Arab(Y) siswa kelas XI MAK Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan menghasilkan r = 0,708 → r2 = 0,5013 → berarti 50,13% kemampuan Bahasa arab, dijelaskan oleh pemahaman Qur’an Hadits, sedangkan 49,87% oleh variabel lain.
50,13%
                                                                                     49,87%


Kemampuan Bahasa arab siswa kelas XI MAK Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan dipengaruhi pemahaman mata pelajaran Qur’an Hadits.

Proporsi Sumbangan X pada varian Y
Oval: XOval: Y
50,2%
                                                                                     40,8%

50,2% variabel Y (Bahasa Arab) dipengaruhi oleh variabel X (Qur’an Hadits), sedangkan 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain.